SELAMAT DATANG di www.KabarMaluku.com  |  Login Wartawan      
Ikuti Informasi Seputar Maluku Hanya di KabarMaluku.com, Aspirasi Gandong

HUT ke-439 Kota Ambon Manise Dihiasi Parade&Festival

Ditulis oleh KabarMaluku.com on 09 September, 2014 | 3:31 PM

Upacara Peringatan HUT ke-439 Kota Ambon,
Senin (8/9)
Ambon, KabarMaluku.com - Walaupun upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-439 Kota Ambon Manise (7 September 2014) mulur sehari karena bertepatan dengan Minggu sebagai hari libur, namun upacara kali ini tetap bejalan dengan lancar dan penuh kimat.

Upacara peringatan HUT ke-439 Kota Ambon yang berlangsung pada Senin (8/9) sekitar Pukul.08.45 WIT yang diawali masuknya Kapitan Upacara yang diwakili Camat Leitimur Selatan Richard Luhukay. Berselang lima menit kemudian atau pukul 08.50, Upulatu Ambon (Richard Louhenapessy) dan Wakil Upulatu (Sam Latuconsina) bersama rombongan masuk Lapangan Upacara diiringi dengan musik tifa, gong dari Negeri Soya.

Pada pukul 09.00 rombongan Upulatu tiba di depan Pintu Utama Lapangan Upacara disambut dengan tarian sawat dari negeri Batu Merah. Upacara peringatan HUT kota Ambon diikuti seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) kota Ambon, termasuk para guru dan siswa/siswi se- Ambon, TNI dan Polri.

Upacara peringatan HUT kota Ambon berlangsung dengan sukses di bawah sorotan tema ’’Ambonku, Ambon Kita’’.

Beberapa waktu kemudian, lambang kota Ambon dikawal pasukan cakalele dari Negeri Naku dan Paskibraka dalam lilitan kain Gandong berwarna putih yang dipegang oleh 15 pasangan remaja Ambon dengan pakaian daerah dari berbagai suku, etnis dan agama memasuki lapangan upacara.

Lambang kota Ambon bertuliskan ’Manggurebe Maju’ tersebut diserahkan kepada Upulatu. Selain resepsi, HUT ke-439 kota Ambon diwarnai kolaborasi musik etnik, diramaikan dengan Aubade siswi, tarian massal serta tarian bambu gila oleh siswa dan siswi SMA di Ambon.

Pemerintah Kota Ambon diberikan bantuan satu unit motor pemadam kebakaran dari Bank Maluku. Penyerahan bantuan diawali dengan penyerahan kunci motor pemadam kebakaran dari Bank Maluku melalui Gubernur Maluku, Said Assagaf kepada Wali kota Ambon Richard Lohenapessy.

Setelah itu Louhenapessy menyerahkan 3 unit mobil Pemkot Ambon kepada Klasis GPM Pulau Ambon Utara dan Pulau Ambon Timur serta Badan Zakat, Infag dan Sadakah Ambon.

HUT kota Ambon tahun ini semakin semarak dengan digelarnya karnaval budaya yang melibatkan sejumlah sanggar di Ambon di mana acara itu didukung pemain Marching Band dari salah satu SMU di Ambon. Dilanjutkan dengan Launching Maskot Mangente Ambon 2015 oleh Duta besar pariwisata Ambon Chiko Jericho dan Safira Uum yang ditandai penekanan tombol sirene.

Selesai itu Lambang Ambon diserahkan kepada Upulatu Uparaca kepada pembawa lambang. Lambang upacara meninggalkan lapangan upacara.

Selesai upacara, Upulatu Ambon menuju pintu masuk tribun Lapangan Merdeka untuk mengikuti pelepasan peserta karnaval kota di Gong Perdamaian Dunia (GPD).

Pelepasan para peserta karnaval itu dipimpin Upulatu Ambon didampingi Wakil Upulatu, Gubernur Asagaff, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Chiko Jericho, Syafira Uum dan diikuti sanggar-sangar di Ambon, pimpinan SKPD, becak-becak, miss Waria, grup Marching Band. Finis kembali di lokasi GPD. (*)

0 komentar:

Post a Comment