SELAMAT DATANG di www.KabarMaluku.com  |  Login Wartawan      
Ikuti Informasi Seputar Maluku Hanya di KabarMaluku.com, Aspirasi Gandong

Jokowi Minta Maluku Siapkan SDM Kelola Blok Masela

Ditulis oleh kru KabarMaluku.com on 05 April, 2016 | 2:39 PM



Ambon, KabarMaluku.com - Presiden Joko Widodo meminta Gubernur Maluku untuk menyiapkan Sember Daya Manusia (SDM) di Maluku yang berkualitas untuk pengelolaan Blok Gas Masela saat diopersikan nanti. “Saya titip Gubernur ini kan masih dibangun sekitar delapan tahun lagi jadi mestinya SDM-nya diambil oleh Maluku jangan sampai saya sudah maksa-maksa di darat seperti itu tapi SDM-nya dari luar,”kata Jokowi saat menyampaikan sambutannya dalam peresmian Jemabtan Merah Putih, Senin (4/4/2016).

Jokowi mengungkapkan, tidak ada alasan tenaga kerja untuk mengelola Blok Masela tidak melibatkan orang Maluku hanya karena alasan kurang siapnya SDM di daerah Maluku,”Tidak boleh ada alas an SDMnya dari luar karena alasan Maluku tidak siap SDM, tidak bisa jawabannya seperti itu,”ungkapnya.

Untuk mengatasi maslaah tersebut, maka Universitas Pattimura harus ikut memainkan peran untuk menyiapkan SDM yang handal agar tenaga kerja dari Maluku ikut dilibatkan dalm pengelolaan blok masela. “Universitas Pattimura harus siapkan SDM yang baik. Kalau belum ada ada fakultas teknik minyak dan geologi harus disiapkan, ya sudah siapkan itu nanti empat lima tahun sudah lulus, mereka (Investor) siap disni juga siap,”ujarnya.

Jokowi juga mengaku terkait penyiapan SDM dia telah memerintahkan Menteri terkait agar di Universitas Pattumura dan Politeknik setempat segera dibuka fakultas baru guna penyiapan SDM yang memadai. “Saya sudah perintahkan ke Menteri Pendidikan Tinggi untuk menyiapkan politekniknya dan juga di Unpati siapkan ini, sehingga tidak ada alasan lagi Invstor mengatakan SDM nya tidak ada,”kata Jokowi.
“Jadi dihitung  sekali dari sekarang kalau mereka butuh 1.000 (tenaga kerja) siapkan 2.000 nanti pilih dengans seleksi yang baik,”sebutnya. (Tim KM.com)

0 komentar:

Post a Comment