SELAMAT DATANG di www.KabarMaluku.com  |  Login Wartawan      
Ikuti Informasi Seputar Maluku Hanya di KabarMaluku.com, Aspirasi Gandong

Berikut 3 Nama Calon Sekprov Maluku

Ditulis oleh KabarMaluku.com on 03 May, 2014 | 4:07 PM

Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff
Ambon, KabarMaluku.com - Berikut 3 Nama calon Sekretaris Provinsi (Sekprov) Maluku yang diajukan Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff ke Kementrian dalam negeri. Ke tiga nama tersebut yaitu  Zedek Sangadji, Saleh Tjio, dan Romelus Far-Far.

Ketiga nama itu diketahui adalah birokrat murni, dan sudah menduduki jabatan penting di Pemerintah Provinsi Maluku.

Diketahui, Zedek Sangadji yang kini menjabat Asisten I Sekda Maluku, sebelumnya adalah Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku. Setelah itu, dipilih menahkodai Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Maluku. Karel Albert Ralahalu semasa menjadi Gubernur menarik dia menjadi Kepala Badan perencanaan dan pembangunan daerah. Zedek yang akrab disapa Dek ini juga pernah diusulkan Ralahalu menjadi sekprov bersama Ros Far-Far.

Pengamat politik Unpatti, Amir Kotarumalos, kepada sejumlah wartawan (2/5) mengatakan, Pak Zedek layak menjadi Sekprov. Dia pernah menduduki beberapa jabatan strategis selama karir birokrasinya, sehingga punya jam terbang tinggi dari aspek pengalaman birokrasi.

Menurut Amir,  peluang yang sama juga dimiliki Rumelus Far-Far, karena disamping memiliki jenjang karir yang memenuhi syarat, yang bersangkutan mewakili keterwakilan wilayah.

“Dari pengamatan kami, Pak Rumelus  pernah menjabat dua dinas, yakni Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi, sehingga memenuhi syarat untuk jabatan sekprov,” terang Amir.

Kemudian mengenai Saleh Tjio, kata Amir meskipun memiliki peluang, namun yang bersangkuan memiliki catatan brokrasi yang belum begitu berhasil selama menjadi Penjabat Bupati Buru Selatan.  Itu yang membedakan Tjio dengan Zedek dan Far Far.

Oleh wartawan, Gubernur sebelumnya pernah disinggung soal apakah calon Sekprov Maluku akan diambil dari internal atau eksternal pemprov, dia menegaskan, dari internal Pemprov Maluku.


Red : KM.com

0 komentar:

Post a Comment