SELAMAT DATANG di www.KabarMaluku.com  |  Login Wartawan      
Ikuti Informasi Seputar Maluku Hanya di KabarMaluku.com, Aspirasi Gandong

Pemkab SBB Sediakan Lahan untuk Relokasi Korban Banjir

Ditulis oleh kru KabarMaluku.com on 07 April, 2016 | 1:18 PM

Bupati SBB, Jacobus Puttileihalat saat
 di Wawancai
(foto KM.com)
Ambon, KabarMaluku.com  - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku, akan menyediakan lahan untuk merelokasi ratusan warga korban banjir bandang dan tanah longsor di Dusun Jawa Sakti Pulau Kelang, Kecamatan Waisala yang rumahnya hancur.



Bupati SBB, Jacobus Puttileihalat mengatakan ratusan kepala keluarga para korban musibah  tersebut rencananya akan direlokasi ke lokasi yang diangap lebih aman di Pulau Seram. “Kita akan sediakan lahan di Pulau Seram untuk mereka,”kata Jacobus kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku, Rabu (6/4/2016).



Dia mengaku saat ini bantuan tanggap darurat telah disalurkan kepada para pengungsi. Pemda juga telah mengirim dokter dan tenaga medis untuk memeriksa dan memberikan pengobatan bagi warga di lokasi pengungsian.

“Semuanya sudah disalurkan termasuk juga kita kirim tenaga medis kesana jadi sudah dilakukan,”ujarnya.



Khusus untuk para siswa yang ikut menjadi korban dalam musibah itu, Pemda juga telah menyediakan bantuan seragam kepada mereka. Saat ini para siswa sementara  menumpang di gedung sekolah di desa Soleh tak jauh dari dusun mereka yang luluh lantah. “Siswanya nanti sementara disesuaikan  di sekolah yanga ada di tempat mereka mengungsi,”sebuntya.



Menurut Jacobus musibah yang terjadi pada minggu mala mini menyebabkan lebih dari 600 warga terpaksa mengungsi setelah reumah-rumah merka hancur disapu banjir bandang dan tanah longsor. “Lebih dari 600 warga yang mengungsi, ada juga SD yang rusak termasuk Puskesmas pembantu dan sebuah masjid,”katanya. (Tim KM.com)

0 komentar:

Post a Comment