SELAMAT DATANG di www.KabarMaluku.com  |  Login Wartawan      
Ikuti Informasi Seputar Maluku Hanya di KabarMaluku.com, Aspirasi Gandong

Tahun 2015 Maluku Jadi Lumbung Ikan Nasional

Ditulis oleh KabarMaluku.com on 28 August, 2014 | 3:48 PM

Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Menteri
Kelautan dan Perikanan, Cicip Syarif Sutarjo /ist
Jakarta, KabarMaluku.com - Gubernur Maluku, Said Assagaff kepada sejumlah wartawan usai menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Cicip Syarif Sutarjo di Jakarta Convention Center, Rabu (27/8) mengatakan, setelah melalui proses perjuangan yang sangat panjang selama empat tahun Provinsi Maluku akan menjadi Lumbung Ikan Nasional (LIN) pada tahun depan (2015).

LIN akan dimulai tahun 2015 dan naskah kerjasama tersebut menjadi salah satu dasar hukum pemberlakuannya. Untuk menuju Maluku sebagai LIN 2015-2025 maka koordinasi secara intens akan dilakukan.

Menteri Cicip Syarif Sutarjo dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, banyak sumber pangan dari laut belum dioptimalkan, padahal biota laut dapat menjadi sumber makan alternatif.

“Sumber kelautan perairan Indonesia, memiliki tingkat keberagaman hayati yang sangat tinggi, bahkan laut Indonesia dikenal wilayah terbesar di dunia, yang memiliki 8.500 spesies  ikan, 555 species rumput laut dan 950 species terumbu karang,” ungkapnya.

 
Romelus Far-Far, Kepala DKP Maluku,  kepada wartawan mengungkapkan, seluruh kabupaten/kota di Maluku termasuk stakeholder harus bersinergi untuk membangun lumbung ikan sebagai suatu konsep pembangunan yang berkelanjutan.

“Mudah-mudahan dengan MoU yang sudah ditandatangani hari ini akan kita jadikan konsep lumbung ikan nasional yang sudah diformulasikan ini naik menjadi peraturan gubernur, sehingga semua orang akan taat di Maluku didalam pengelolaan lumbung ikan nasional sebagai kesejahteraan masyarakat Maluku,” harap Far-far. (*)

0 komentar:

Post a Comment