SELAMAT DATANG di www.KabarMaluku.com  |  Login Wartawan      
Ikuti Informasi Seputar Maluku Hanya di KabarMaluku.com, Aspirasi Gandong

Aparat Gabungan Bantu Bersihkan Puing-puing Rumah Korban Banjir

Ditulis oleh kru KabarMaluku.com on 07 April, 2016 | 1:42 PM

Ilustrasi
Ambon, KabarMaluku.com - Puluhan aparat TNI dan polisi dikerahkan ke Dusun Jawa Sakti, Desa Soleh, Kecamatan Waisala, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, untuk membersihkan puing-puing rumah warga yang hancur akibat tersapu banjir bandang dan tanah longsor di dusun tersebut. Puluhan aparat gabungan ini dikerahkan ke lokasi bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Rabu (6/4/2016).

"Jumlah aparat TNI/Polri yang ke sana 50 orang. Mereke pergi bersama tim dari Pemda SBB dan juga BPBD setempat," kata Kepala BPBD Maluku Farida Salampessy kepada waratawan, Rabu (6/4/2016).

Menurut Farida, banyak rumah warga yang rusak berat akibat dilanda banjir yang membawa bebatuan dan material longsor. Musibah banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada Minggu (3/4/2016) malam itu tak hanya menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah warga. Bencana itu juga menyebabkan kerusakan pada fasilitas umum, seperti sekolah, puskesmas pembantu, dan sebuah masjid.

Kehadiran aparat TNI/Polri di sana untuk membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak parah. Selain itu, sejumlah dokter dan tenaga medis juga dikerahkan ke lokasi bencana guna memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi. "Tim dari pemda dan BPBD ikut membawa bantuan tambahan bagi warga pengungsi. Ada lima dokter juga yang ikut ke sana termasuk juga para medis," ujarnya.

Berdasarkan data BPBD Maluku, jumlah warga yang mengungsi akibat musibah tersebut mencapai 646 jiwa. Mereka ada yang mengungsi di rumah-rumah kerabatnya dan sebagian lain memilih mengungsi di tenda darurat. (Tim KM.com)

0 komentar:

Post a Comment